10 Tips Mendesain Kamar Tidur Minimalis

Sebagai salah satu trend, banyak dari kita yang mendambakan kamar tidur minimalis. Namun, mungkin saja kita kebingungan untuk mulai mendesainnya. Pada akhirnya, kita malah melakukan hal yang sia-sia dan membuang budget kita. Padahal, mendesain sebuah kamar tidur minimalis tidaklah memerlukan waktu dan budget yang banyak. Yang penting, kita bisa menata kamar terkesan simpel namun tetap indah. Berikut terdapat 10 tips mendesain kamar tidur minimalis yang patut kita coba.

  1. Singkirkan Barang-Barang yang Tidak Berguna

Kamar tidur minimalis tidak akan pernah terwujud apabila kamar masih kotor. Sortirlah barang-barang yang terdapat di dalam kamar. Apabila ada barang yang sudah tidak dibutuhkan, jangan ragu untuk memindahkan barang tersebut. Misalnya seperti foto-foto, pajangan dinding, serta barang-barang koleksi lainnya. Mungkin kita akan merasa sulit untuk menyingkirkannya. Namun, hal ini akan membuat kamat kita menjadi lebih luas.

2. Ingat, Minimalis Tidak Berarti Menciptakan Nuansa yang Dingin dan Membosankan

Minimalis berfokus pada penataan, kesederhanaan, serta kemurnian. Jadi, kita harus menata barang-barang kita. Buatlah kamar tidur menjadi lebih sederhana dengan meminimalisir jumlah barang di dalamnya. Namun, jangan menjadikan kamar seperti kamar penjara. Kita juga harus mendekorasinyan dengan benda-benda yang memberikan nuansa hangat dan nyaman. Ingat, kamar tidur kita merupakan salah satu ruangan terpenting di rumah. Jadi, kamar tidur harus dibuat nyaman agar kita merasa betah menempatinya.

3. Gunakan Kerangka Tempat Tidur yang Simpel, Atau Tidak Usah Menggunakan Keranga

Tempat tidur merupakan benda yang esensial di kamat tidur. Jadi, pilihlah kerangka tempat tidur yang sesuai dengan konsep minimalis. Hal ini akan lebih menghidupkan nuansa minimalis di kamar kita. Contoh kerangka tempat tidur yang cocok ialah, kerangka tempat tidur besi, box spring, atau platform. Selain itu, kita juga dapat menggunakan kasur tanpa kerangka tempat tidur. Dijamin, kamar tidur kita akan terlihat minimalis.

4. Membeli Kasur Berwarna Netral

Warna-warna netral seperti soft beige, putih-krem, serta abu-abu muda dapat mendukung suasana minimalis di kamar tidur. Ingat, prinsip minimalis ialah kembali ke dasar. Jadi, hindari kombinasi warna yang terlalu mencolok. Selain itu, menggunakan warna netral juga akan mempermudah kita mencocokan dekorasi di dalamnya.

5. Gunakan Kombinasi Warna yang Sesuai

Ketika hendak memilih barang-barang baru untuk kamar kita, pastikan warnanya sesuai dengan desain kamar. Agar lebih mudah, sebaiknya kita menggunakan dominasi warna netral di kamar kita. Apabila penggunaan warna di kamar tidak sesuai, nilai estetis di dalamnya juga akan berkurang.

6. Usahakan Kamar Mendapatkan Cahaya Natural

Pencahayaan pada kamar tidur minimalis merupakan salah satu unsur yang penting. Jumlah cahaya yang masuk ke dalam kamar akan memberikan pengaruh yang besar. Agar terlihat minimalis, janganlah menggunakan gorden, kecuali gorden tipis (sheer). Hal ini akan membuat kamar kita mendapatkan banyak cahaya. Kamarpun akan terasa lebih terbuka, modern, dan minimalis.

7. Cukup Gantungkan Satu Karya Seni yang Disukai

Apabila hendak memiliki kamar tidur minimalis, janganlah meletakkan terlalu banyak pajangan di dinding. Hal ini akan membuat tampilan kamar kita menjadi berantakan. Sebaliknya, pilihlah satu karya seni yang paling kita sukali untuk dipajang.

8. Tambahkan Satu Pot Kecil Tanaman Hijau

Tanaman kecil di kamar tidur minimalis dapat menghadirkan nuansa ceria, alami, serta simpel. Selain itu, warna tanaman juga akan mengimbangi desain di kamar kita. Namun, kita harus memastikan tanaman tersebut tidak membuat kamar menjadi lebih sempit. Kita dapat memilih tanaman karet beringin, philodendron, ataupun ara biola. Tempatkan tanaman ini di keranjang yang menggantung. Selain itu, kita juga dapat menggunakan bunga segar yang ditempatkan di vas berwarna netral.

9. Beralihlah ke Lemari Single atau Lemari Laci

Lemari yang terlalu besar tidak akan mendukung tampilan kamar tidur minimalis. Oleh karena itu, gunakanlah lemari single atau lemari laci yang lebih sederhana. Keduanya dapat membuat kamar tidur kita terlihat bersih dan rapi. Namun, apabila kita belum bisa menggantinya, pastikan lemari tidak terletak di dekat kasur. Dengan demikian, kamar tidak terlihat sempit.

10. Gunakan Satu Rak Khusus untuk Menyimpan Kenang-kenangan, Foto, dan Buku

Sediakanlah satu rak khusus untuk menyimpan benda-benda yang Anda miliki. Mulai dari barang kenang-kenangan, foto, hingga buku. Kamar kitapun akan terlihat minimalis tanpa harus membuang barang-barang yang kita simpan.

https://learn.compactappliance.com/minimalist-bedroom/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *