24 Jam di Jogja, Bisa Liburan Kemana Saja?

Rizaardiyanto.com – Liburan sekarang ini bukan lagi menjadi kegiatan sampingan, namun sudah menjadi kebutuhan dan wajib dilakukan. Apalagi untuk orang yang memiliki pekerjaan dan aktivitas yang sibuk, liburan wajib dilakukan dalam waktu sesempit apapun untuk menghilangkan penat dan kabur sebentar dari kesibukan. Salah satu destinasi liburan di Indonesia yang banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun asing adalah Kota Jogja. Kota yang banyak memiliki warisan budaya dan kekayaan alam ini seperti tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan. Tempat wisata di Jogja kini sudah bertambah banyak dan tersebar baik di jantung kota maupun di daerah-daerah yang masih asri alamnya. Saking banyaknya destinasi wisata, tidak cukup untuk dihabiskan dalam 2 atau 3 hari. Namun apa jadinya jika Anda hanya memiliki waktu 24 jam saja di Jogja? Nah, pada artikel ini akan diulas mengenai beberapa tempat wisata yang paling direkomendasikan untuk dikunjungi hanya dalam waktu satu hari saja.

1. Pantai Parangtritis

Salah satu tempat terbaik untuk menikmati sunrise adalah Pantai Parangtritis yang ada di sebelah selatan Kota Jogja, tepatnya di Kabupaten Bantul. Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit dari bibir pantai, juga dapat sekaligus menikmati ombak dan angin pantai yang tentunya sayang sekali jika dilewatkan. Selain dapat menikmati sunrise dari bibir pantai, Anda juga bisa naik ke atas bukit Parang Endog yang letaknya masih berada di sekitar Pantai Parangtritis. Dari atas bukit Parang Endog, Anda bisa menikmati indahnya sunrise berdampingan dengan pemandangan hamparan pantai dari atas.

2. Kebun Buah Mangunan

Jika tidak terlalu menyukai pantai, Anda bisa pergi ke Kebun Buah Mangunan yang berlokasi di Dlingo, Kabupaten Bantul. Anda dapat menikmati matahari terbit di antara perbukitan yang hijau yang bisa menyejukkan mata. Apalagi dengan hamparan kabut dan pemandangan sungai di bawah bukit bisa menambah keindahan tempat ini. Setelah puas melihat pemandangan sunrise, Anda bisa langsung pergi ke banyak spot wisata di sekitar Mangunan yang cocok untuk foto-foto tanpa harus pergi jauh.

3. Hutan Pinus

Tidak jauh dari Kebuh Buah Mangunan terdapat wisata hutan pinus yang merupakan salah satu tempat wisata yang pertama dibuka di daerah Mangunan. Pohon pinus yang rindang dan menjulang tinggi berbaris-baris membuat suasana menjadi nyaman dan sejuk. Di hutan pinus ini tersedia beberapa spot foto yang bebas digunakan oleh wisatawan. Selain cocok digunakan untuk berfoto ria, hutan pinus juga cocok digunakan untuk piknik keluarga. Di sebelah hutan pinus juga terdapat wisata taman bunga yang instagrammable yang bisa Anda kunjungi.

4. Puncak Becici

Lurus sedikit dari hutan pinus, Anda bisa menemukan tempat wisata lain yaitu Puncak Becici. Banyak gardu pandang yang diletakkan di tempat wisata ini, sehingga wisatawan dapat melihat pemandangan Gunung Merapi dan Sindoro beserta hamparan bukit hijau yang indah. Di samping itu, dari sisi lain Puncak Becici Anda juga dapat menikmati pemandangan Gunung Menoreh bersamaan dengan sedikit pemandangan pantai selatan Yogyakarta yang memikat mata. Jika Anda belum puas hanya dengan mengunjungi hutan pinus dan puncak Becici, masih banyak spot wisata di sekitar lokasi seperti rumah Hobbit, Seribu Batu Songgo Langit dan lain sebagainya.

5. Thiwul Ayu Mbok Sum

Setelah puas berwisata di daerah kebun buah dan hutan pinus, di perjalanan pulang Anda bisa mampir makan di Thiwul Mbok Sum yang masih berada di kawasan Mangunan. Warung thiwul ini selalu ramai pelanggan, sehingga salah satu tempat kuliner yang wajib Anda kunjungi ketika berada di Mangunan. Anda bisa mencicipi makanan khas tradisional Jogja yaitu thiwul dengan rasa autentik yang akan memanjakan lidah.

6. Sate Klathak Pak Pong

Jika Anda berlibur ke Jogja dan pergi ke daerah Bantul, wajib hukumnya mencicipi sate klathak Pak Pong yang legendaris ini. Sate klathak adalah sate daging kambing yang diolah dengan cara unik yaitu tusuk sate yang digunakan adalah jeruji motor, sehingga daging dapat matang sempurna dan nikmat walaupun hanya dibumbui dengan garam dan merica. Selain sate klathak, di sini Anda juga bisa menikmati olahan kambing lainnya yaitu nasi goreng, tongseng dan tengkleng kambing.

7. Keraton Yogyakarta

Tidak afdhol rasanya liburan ke Jogja tanpa mengunjungi Keraton Yogyakarta. Setelah dari pagi bermain di daerah Bantul, sesampainya di Jogja Anda langsung bisa mengunjungi Keraton Yogyakarta yang berada di pusat kota. Sambil menikmati tradisi Jawa yang masih kental di dalam Keraton, Anda bisa sambil belajar sejarah dan melihat koleksi benda bersejarah Keraton Yogyakarta. Di hari tertentu, Anda juga dapat melihat pagelaran seni yang biasanya digelar di dalam Keraton Yogyakarta.

8. Malioboro

Dengan berjalan sebentar dari Keraton Yogyakarta, Anda akan sampai di pusat keramaian kota Jogja yaitu Malioboro. Di sana Anda bisa berjalan-jalan di kawasan nol kilometer, mengunjungi pusat perbelanjaan Malioboro dan Pasar Beringharjo yang tidak pernah sepi pengunjung dan wisatawan. Selain itu Anda juga mengunjungi kawasan benteng Vredeburg yaitu kawasan museum yang juga cocok digunakan untuk memuasan hasrat berfoto Anda. Jika beruntung Anda bisa mendapati kawasan Malioboro yang bersih dari penjual kaki lima, sehingga berjalan-jalan di kawasan Malioboro menjadi lebih leluasa.

9. Tugu Yogyakarta

Setelah puas berjalan-jalan di Malioboro, Anda bisa melanjutkan perjalanan ke kawasan Tugu Yogyakarta yang merupakan simbol dari kota Jogja. Pada saat sore hari adalah saat yang tepat jika Anda ingin berfoto dengan tugu, sehingga biasanya kawasan ini sangatlah padat pengunjung pada saat sore hari. Selain dapat berfoto-foto dengan tugu dan menikmati keramaian sore kota Jogja, Anda juga dapat menikmati wisata kuliner yaitu angkringan khas Jogja yang berjejer-jejer di sisi jalan sepanjang tugu jogja menuju stasiun tugu.

10. Prambanan

Jangan lelah dulu, karena masih ada tempat wisata di Jogja yang bisa Anda nikmati pada malam hari. Selain dapat dikunjungi dan dinikmati keindahannya pada saat siang hari, Candi Prambanan juga dapat dikunjungi pada saat malam hari karena Anda bisa menyaksikan pertunjukan Sendratari Ramayana yang sangat menarik untuk ditonton. Sendratari Ramayana ini mengisahkan tentang Ramayana dengan pertunjukan drama dan tari dengan iringan musik tradisional Jawa, yang ditampilkan di atas panggung yang megah. Menonton Sendratari Ramayana ini dijamin membuat Anda terpukau dan hanyut dalam cerita Ramayana yang ditampilkan.

Cukup banyak tempat yang bisa Anda kunjungi di Jogja dalam waktu 24 jam atau sehari saja bukan? Namun untuk mengunjungi beberapa tempat di atas dalam sehari, pastikan kondisi fisik Anda sedang fit karena kalau tidak akan kelelahan dan tumbang di tengah perjalanan. Sekian informasi mengenai beberapa tempat yang bisa dikunjungi di Jogja dalam waktu 24 jam. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *