9 Tips Yang Wajib Kamu Ketahui Sebelum Sewa Apartemen

Memilih tempat tinggal bukan perkara mudah terutama apalagi jika sewa apartemen. Kamu harus memiliki strategi yang baik agar kamu tidak kecewa di kemudian hari. Karena tempat tinggal akan digunakan dalam jangka lama bukan waktu sebentar, jadi faktor kenyamanan juga perlu diperhatikan.

Nah, kali ini akan dibahas mengenai tips-tips apa saja yang perlu dilakukan sebelum sewa apartemen. Ada baiknya kamu harus menyimak secara teliti. Jadi tips-tips sebelum sewa apartemen adalah :

  1. Menentukan anggaran sewa apartemen

Pertama sebelum sewa apartemen, kamu harus menentukan anggaran sewa apartemen. Kamu harus memperhatikan pendapatanmu atau pendapatan keluargamu. Jangan sampai semua pendapatanmu habis digunakan hanya untuk menyewa apartemen. Tentunya kamu akan kebingungan dalam mencukupi kebutuhan lainnya.

  1. Menentukan biaya keseluruhan apartemen

Biaya keseluruhan apartemen juga perlu diperhatikan. Jika kamu menyewa apartemen kosong tanpa furnitur maka kamu juga memerlukan tambahan biaya pembelian furnitur. Begitu juga sebaliknya mengenai apartemen yang sudah dilengkapi dengan furnitur, apa furniturnya sudah sesuai dengan kita apa tidak.

  1. Menentukan biaya operasional apartemen

Apartemen juga memerlukan biaya operasional atau pemeliharaannya. Tentunya hal ini untuk merawat apartemen agar tetap beroperasi dengan baik. Biaya perawatan seperti pembersihan kaca jendela atau plafon apartemen juga perlu diperhatikan.

  1. Menentukan dekorasi apartemen

Setelah menemukan apartemen, kamu harus menentukan dekorasi. Kamu bisa mendekorasi sesuai selera kamu. Mau kamu dekor seperti shaby chic atau monokrom. Apalagi jika apartemen yang kamu sewa tergolong dalam apartemen unfinished. Namun jika sudah apartemen full finished, maka kamu hanya pasrah mendekor sisanya saja ya.

  1. Mengecek kekuatan sinyal HP

Akses internet menjadi kebutuhan utama orang jaman sekarang. Apa artinya hidup jika tanpa akses internet. Jadi kamu perlu mengecek kekuatan sinyal HP yang kamu punya. Jika kebetulan HP kamu tidak ada sinyal, maka kamu bisa mencari apartemen lainnya. Atau mengakalinya dengan memasang langganan wifi sendiri. Atau kamu tidak perlu repot pasang, jika memilih apartemen yang sudah memiliki fasilitas wifi sendiri.

  1. Fungsi fasilitas apartemen sempurna

Salah satu yang perlu diperhatikan dalam sewa apartemen adalah memperhatikan fungsi fasilitas apartemen. Apakah semua fasilitas dapat berfungsi secara sempurna? Telitilah pada bagian ruang apartemen, plafon, dinding, wallpaper apartemen. Kamu bisa bertanya langsung pada penjaga apartemen. Atau bisa juga mengecek secara langsung.

  1. Mencari apartemen dengan area parkir yang luas

Jika kamu memiliki mobil maka kamu harus mencari apartemen dengan area parkir luas. Selain itu, kamu juga harus memperhatikan fasilitas parkir yang ditawarkan, misalnya pemasangan CCTV. Jadi kamu tidak perlu takut mobil kamu hilang, atau ada bagian yang tergores.

  1. Mempelajari isi kontrak perjanjian sewa apartemen

Adabaiknya kamu harus memiliki kontrak perjanjian sewa apartemen baik harian, bulanan maupun tahunan. Selanjutnya kamu harus mempelajari isi kontrak perjanjiannya. Jika ada kejanggalan, kamu bisa langsung menghubungi pemilik apartemen. Hal ini untuk menghindarkan dari kerugian. Kontrak sewa apartemen yang bagus adalah menguntungkan semua pihak baik pemilik maupun penyewa apartemen.

  1. Kemudahan akses sarana transportasi

Memilih apartemen juga berdasarkan kemudahan akses sarana transportasi. Pilihlah apartemen yang dekat dengan busway, agar kamu mudah kemana-mana. Namun di era sekarang, kemudahan akses sarana transportasi terjamin dengan adanya transportasi online yang diorder via aplikasi. Dan juga dekat dengan fasilitas umum lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *