Cara Beralih Dari Listrik PLN Pascabayar Menjadi Ke Prabayar

Tentu saat ini sangat dilematis bahkan tidak bisa ditutupi banyak yang beranggapan bahwa kita hidup tidak dapat hidup tanpa listrik PLN yang saat ini selalu menjadi primadona serta sangat dibutuhkan. Tentu tak akan pernah bisa dibayangkan jika kita hidup pada dewasa ini tanpa disertai dengan adanya listrik mungkin hari-hari anda akan terasa gelap serta tidak akan pernah masa depan anda cerah. Saat ini tentu saja kita mengetahui bahwa listrik PLN ada yang cara pembayaranya lewat pascabayar serta prabayar dimana saat ini menjadi daya tarik ersendiri. Karena dengan adanya layanan prabayar ini sangat tidak beresiko serta lebih juga dapat dikontrol atau bahkan tidak adanya sanksi pemutusan. Oleh sebab itu berikut ini adalah beberapa tahapan cara beralih dari listrik PLN Pascabayar menjadi ke Prabayar yaitu diantaranya adalah:

Memastikan Rekening Listrik Berjalan Lancar

Tentunya jika anda ingin sistem pembayaran atau listrik dari pascabayar menjadi ke prabayar maka langkah awal yang harus anda lakukan memastikan bahwa pembayaran tagihan rekening listrik berjalan aman dan lancar jaya. Dimana jika ada rekening tagihan listrik anda yang masih kena nunggak maka harus anda lunasi terlebih dahulu semuanya beserta tagihan serta dendanya. Karena dijamin jika anda tidak melakukan proses ini maka nantinya anda akan terkena blacklist dan akan sulit untuk beralih dari rekening listrik pascabayar menjadi prabayar. Apabila anda terkena blacklist, anda bisa meminta bantuan pln online di websitenya ataupun di media social official milik pln.

Siapkan Kelengkapan Administrasi Diri Anda

Tentu jika anda sudah disiplin membayar tagihan rekening listrik tidak pernah telat dan tidak ada denda maka jika anda ingin beralih dari pascabayar menjadi ke prabayar maka lakukan langkah berikut ini. Siapkan kelengkapan administrasi diri anda seperti KTP asli serta fotokopi KTP yang dimana ini sudah include termasuk penanggung jawab bangunan serta pemilik rumah atau tepatnya kepala rumah tangga. Kita ketahui bahwa kegunaan dari Kartu Tanda Penduduk ini akan sangat berguna untuk nantinya mendapatkan ID pelanggan anda yang merupakan rujukan ditinjau dari penanggung jawab bangunan pada saat bertemu dengan pihak PLN. Namun jika anda sangat sibuk serta jarang berada dirumah maka anda tinggal diwakilkan dengan membuat surat kuasa dengan memberikan terhadap yang menerima kuasa. Untuk diwakilkan maka anda berarti harus melampirkan keuda KTP yaitu pemberi kuasa serta penerima kuasa serta jangan lupa anda pun untuk menyiapkan materai Rp.6.000 sebanyak tiga lembar. Untuk tahapan selanjutnya jika anda merasa masih kurang jelas serta kurang mengerti maka dapat langung untuk menelpon contact center PLN 123 untuk mendapakatkan ID pelanggan serta melakukan registrasi pendaftaran. Nantinya anda pun akan ditanya soal keinginan anda untuk beralih ke listrik prabayar ini serta apakah ingin meningkatkan daya listrik menjadi minimum 1.300 VA. Jika anda tanpa menggunakan penambahan daya maka nantinya akan dikenakan biaya pulsa perdana yang nantinya dibanderol mulai dari Rp.5.000 hingga sampai Rp.1.000.000. sedangkan untuk proses penambahan daya 1.300 VA-5.500 VA akan dikenakan biaya pulsa serta pemasangan sebesar Rp.377.800. Tentunya pada tahap terakhir atau pemasangan ini anda harus sedikit bersabar karena harus melakukan proses registrasi serta anda pun harus menunggu verifikasi dari pihak PLN. Jika ada kata dari pihak PLN untuk menambah jaringan maka artinya anda harus bersabar selama 15 hari dan jika penambahan gardu maka anda harus bersabar maksimal 40 hari kerja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *