Ini Lho Bedanya Teknik Sipil dan Arsitektur

RizaArdiyanto.com – Ada juga sebagian orang yang belum ngeh sama bedanya teknik sipil dan arsitektur, bagi mereka sama saja padahal kedua ilmu ini benar-benar berbeda lho. Meskipun ada kesamaan tapi tetap saja pada dasarnya mereka adalah “makhluk” yang berbeda.

Nah, kali ini kita akan coba bahas sekilas perbedaan dari kedua ilmu atau jurusan ini, hitung-hitung sebagai referensi bagi kamu yang akan memilih salah satunya nanti pada saat kuliah. Yuk, mari disimak.

Antara rekayasa dan seni

Kita bisa mulai dengan membandingkan kecenderungan keduanya. Teknik sipil atau dalam bahasa Inggrisnya civil engineering adalah salah satu ilmu dalam rumpun ilmu rekayasa (engineering). Lulusan teknik sipil punya kemampuan untuk merekayasa proyek pembangunan dan hal-hal yang berkaitan dengan infrastruktur lainnya. Eh, tapi rekayasa di sini bukan berarti dalam makna negatif lho ya. Sedangkan arsitektur lebih cenderung kepada seni. Yap, seni. Seni mendesain bentuk gedung hingga menjadi indah dan unik.

Kekompleksan

Kalau ditanya mana yang lebih kompleks antara jurusan teknik sipil dengan arsitektur, penulis berani bilang teknik sipil lebih kompleks dan njelimet. Pasalnya di teknik sipil masih banyak turunan ilmu lainnya seperti struktural, geoteknik, konstruksi dan sebagainya. Lebih lengkapnya kamu bisa baca di sini: http://pelajar.me/jurusan-teknik-sipil/

Sedangkan untuk arsitektur lebih sederhana pada permodelan bangunan dan hal-hal yang terkait dengan bagaimana mendesain bangunan tersebut.

Antara membangun dan mendesain

Satu perbedaan yang nyata yang rasanya sudah bisa kita simpulkan dari penjelasan sebelumnya adalah teknik sipil itu bahasannya adalah membahas bangun, maksudnya insinyur teknik sipil bertugas membangun dari awal suatu infrastruktur mulai dari memilih tanah yang tepat, mencari bahan bangunan yang tepat hingga memperhitungkan ketahanan/umur bangunan tersebut. Sedangkan arsitektur hanya membahas bagaimana membuat desain atau model bangunan, sementara untuk pembangunannya adalah kerjanya teknik sipil.

Luas wilayah dan lapangan kerja

Untuk wilayah kerja teknik sipil lebih unggul karena yang dapat mereka kerjakan bukan hanya membangun gedung tapi juga insfrastruktur lain seperti jalan, jembatan dan sebagainya. Selain itu di teknik sipil juga ada bahasan mengenai ilmu lingkungan.

Setelah penjelasan di atas tentu kamu sudah sedikit paham mengenai perbedaan teknik sipil dan arsitektur kan ya? Jika kamu ingin masuk teknik sipil, banyak kampus yang menyediakan jurusan tersebut. Namun jika kamu ingin masuk arsitektur, kampus yang menyelenggarakannya lebih sedikit, berikut kampus dengan jurusan arsitektur terbaik: http://pelajar.me/jurusan-arsitektur-terbaik-di-indonesia/

Semoga artikel ini dapat membantumu memahami perbedaan kedua jurusan tadi. Terakhir, sebelum kamu memilih jurusan pastikan kamu sudah kepo sekepo-keponya dengan jurusan tersebut agar kamu tidak salah pilih jurusan nantinya. Semoga beruntung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *